Welcome to the Website of LemLit Unpatti

Lembaga Penelitian of Universitas Pattimura welcoming visitors to our website. It is our pleasure to have a website that can serve as an official media to publish our activities. More »

Pattern of a sinusoidal signal

Measurement of incoming signal in Digital Signal Processing field is an important task which can be used to show the amplitude and frequency of the signal. More »

Lembaga Penelitian (LemLit) Building

This is the front view of LemLit building which is located at Rumah Tiga village. It has surrounded with Gandaria Trees and a wide front yard. More »

Research activities at Universitas Pattimura

Research is an academic pillar of a university. It is a field where theory mastered in the classroom is tested and applied. The advanced in research of a university would widen its footprint in the global academic world. More »

 

PUSAT UNGGULAN IPTEK REMPAH

PUSAT UNGGULAN IPTEK REMPAH (PUIR)

Spices & Drugs Research Center of Excellence 

Head: Dr. I. Marzuki, M.Si

Secretary: Dr. M. Nindatu, M.Kes

Members & Our Website: http://lemlit.unpatti.ac.id/?page_id=355

 

No. Nama Spesifikasi Bidang Rempah Alamat Rumah No. HP
1. Dr. Ir. I. Marzuki, M.Si & Email: marzuki64@gmail.com Agroteknologi Jl. Gadihu No. 39, Kebun Cengkih, Ambon 97128 081343164302
2. Prof. Dr. H.J. Sohilait, M.S & Email: nokesohilait@yahoo.com Kimia organik/Instrumentasi Halong, RT035/RW012, Ambon 0816264307
3. Prof. Dr. Ir. A. Kastanya, M.S & Email: aguskastanya@yahoo.com Agroforestri/Ekologi Jl. Pisang Barangan No. 15, Perumahan Dosen Unpatti, Rumahtiga, Ambon 081337235425
4. Dr. M. Nindatu, M.Kes & Email: marianindatu@yahoo.com Biofarmaka Jl. Imam Bonjol No. 16/29, Ambon 085231048390
5. Dr. Ir. J. A Leatemia, M.Sc & Email: jleatemia@hotmail.com Agroteknologi Jl. Dr. Siwabessy No. 9, Ambon 97115 081240715370
6. Ir. H. Rehatta, M.S & Email: rehattaherman@gmail.com Agroteknologi Jl. Sirimau, Negeri Soya, Ambon 97129 081343006480
7. Ana Y. Wattimena, S.P, M.Sc & Email: annawattimena@yahoo.com Agroteknologi Jl. Rijali/Gg. Singa, Belakang Soya 085292908886
8. Hendry I. Elim, Ph.D & Email: hendry.elim@staff.unpatti.ac.id Nano teknologi Jl. Hubaga II No. 70, Wayame, Ambon 081218648472
9. Marfin Lawalata, S.P, M.Sc & Email: marfinlawalata@yahoo.co.id Agribisnis BTN Passo Indah, Blok D1 No. 24, Passo, Ambon 081343314622
10. Sophia G. Sipahelut, S.P, M.Sc & Email: sipahelut_grace@yahoo.com Teknologi Hasil Perkebunan Jl. Listrik Negara, RT005/RW003, Batu Gajah, Ambon 085243486353

[I]. Aktivitas Riset/Pengkajian

Sebagai langkah awal, kegiatan riset bidang rempah yang telah dilakukan sudah memadai untuk mendukung pembentukan PUI REMPAH di Ambon, Maluku.  Hasil-hasil riset itu sebagian kecil sudah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi, dan juga di antaranya telah didiseminasi pada forum ilmiah nasional dan internasional.  Pada lampiran tercantum beberapa artikel ilmiah bidang rempah yang diterbitkan di jurnal ilmiah. Pada tingkat lokal, beberapa kegiatan pengkajian bidang rempah telah dilakukan di antaranya melalui kerja sama dengan Pemda dan lembaga tertentu seperti Mercy Corps Indonesia, Dewan Rempah Indonesia, dan Dewan Rempah Maluku (terlampir contoh laporan hasil kerja sama).

1.1. Diseminasi/Publikasi

Diseminasi hasil riset/kajian bidang rempah telah dilakukan secata terbatas di antaranya dengan publikasi pada jurnal nasional dan internasional serta diseminasi melalui forum pertemuan ilmiah seperti seminar, workshop, dan konferensi.  Artikel yang telah dipublikasi dan didesiminasi pada forum pertemuan ilmiah tercantum pada lampiran.

1.2. Kerja Sama Kelembagaan dan Membangun Jaringan

Sebagai lembaga baru, kegiatan Pusat di bidang riset/pengkajian masih di bawah Lembaga Penelitian.  Oleh sebab itu, kerja sama penelitian bidang rempah dengan pihak lainnya (Kementerian, Pemda, dan lembaga lainnya) langsung di bawah Lembaga Penelitian.  Peningkatan status Pusat menjadi PUI REMPAH akan memberi kesempatan yang luas untuk membangun kerja sama riset yang lebih banyak dan terarah. Juga dalam membangun jaringan terutama ke luar negeri baru sebatas pertukaran informasi nonformal.

 

[II]. Konsisi yang Diharapkan

2.1. Kelembagaan

Pusat Penelitian Rempah dan Tanaman Obat Alam yang terdapat di Universitas Pattimura Ambon akan sepenuhnya didorong menjadi PUI REMPAH yang memiliki laboratorium pengujian mutu produk rempah.

2.2. Fasiltas kantor dan laboratorium

Kantor PUI REMPAH harus memiliki fasilitas pendukung yang memadai untuk dapat menopang jalannya kegiatan dan program.  Fasilitas ini dapat menunjang secara efektif dan efisien pekerjaan kantor, dan menggunakan teknologi terkini serta manajemen yang modern.  Demikian halnya dengan laboratorium.  Lab PUI REMPAH diharapkan dapat menjadi Lab pengujian mutu yang terakreditasi  dan dirujuk secara nasional.  Oleh karena itu, prasarana lab harus disediakan menurut spesifikasi dan kebutuhan standar sebuah PUI.

2.3. Aktivitas Riset/Pengkajian

Kegiatan riset dan pengkajian bidang rempah menjadi aktivitas utama PUI REMPAH.  Ruang lingkup riset/kajian mengacu pada roadmap dan kebutuhan riset nasional serta kebutuhan dunia industri.  Penguatan dan fokus riset/pengkajian di bidang rempah dan agroindustrinya menjadi hal yang diutamakan.  Riset yang diprioritaskan adalah:

  1. Riset dasar (bidang bioteknologi dan pemuliaan tanaman; nanoteknologi; biomikia, dan agroteknologi);
  2. Riset terapan (bidang riset yang memberi nilai tambah secara ekonomi); dan
  3. Riset pengembangan produk (bidang riset untuk penguatan inovasi dan perolehan paten).

 

2.4. Diseminasi/Publikasi

Hasil riset dan produk/teknologi yang dihasilkan akan dimaksimalkan diseminasinya baik melalui artikel jurnal maupun presentasi pada forum pertemuan ilmiah.  Setiap artikel hasil riset diharapkan dapat dipublikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional (yang terindeks Scopus).  Selain itu, diseminasi melalui forum pertemuan ilmiah nasional dan internasional akan digiatkan.  Diseminasi sendiri oleh PUI REMPAH akan dilakukan melalui pembentukan jurnal PUI REMPAH. Lebih jauh lagi, produk-produk teknologi yang memiliki nilai HAKI akan didorong ke arah perolehan paten.

2.5. Kerja Sama Kelembagaan

Keberadaan PUI REMPAH diharapkan menjadi tenaga pemicu (trigger) bagi perluasan jangkauan dan kedalaman kerja sama dengan lembaga lain terutama kelembagaan riset dan litbang. Membangun kerja sama dan perluasan jaringan hubungan kemitraan dengan lembaga riset dan lembaga pengembangan teknologi hasil dan pemasaran produk dalam neheri dan luar negeri akan diintensifkan.

2.6.   Analisis Kesenjangan

Jarak antara kondisi faktual saat ini dengan kondisi yang diharapkan dalam membangun PUI REMPAH mencerminakan senjang (gab) yang harus diatasi/diisi.  Untuk mengisi kesenjangan itu maka seluruh sumber daya (SDM, SDA, manajemen, fasilitas, dan program) yang ada dan akan akan disediakan harus digunakan secara optimal guna mencapai tujuan PUI itu. Semakin senjang (jauh) jarak kedua kondisi semakin dibutuhkan banyak alokasi sumber daya dan kinerja.

[III].  PROGRAM DAN KEGIATAN

3.1. Program dan Kegiatan

Program yang dirancang untuk pengembangan PUI REMPAH mencakup tiga aspek: (a) Program Penguatan Kelembagaan dan SDM, (b) Program Penelitian dan Pengembangan, dan (c)  Program Diseminasi Hasil.

3.2. Program Penguatan Kelembagaan dan SDM

Mengacu pada analisis kesenjangan maka penguatan kelembagaan dan SDM PUI REMPAH yang akan dibangun diarahkan pada program:

  • Penguatan kelembagaan PUI dari aspek sarana dan prasarana;
  • Menggalang dukungan pembiayaan operasional lembaga dan pengembangan program litbang.
  • Peningkatan kemampuan akademik dan teknis SDM periset dan tenaga pengelola PUI melalui pendidikan/studi lanjut dan magang/pelatihan.

 3.3. Program Penelitian dan Pengembangan

Penelitian inti PUI REMPAH mengacu pada tema utama riset yaitu pengembangan. AGROINDUSTRI berbasis rempah. Jalan menuju agroindustri rempah didasarkan pada tiga arah riset yaitu: (1) Riset untuk penyediaan/pengembangan bahan baku dari rempah, (2) Riset untuk agroteknologi dan pascapanen, dan (3) Riset untuk promosi dan integrasi produk agroindustri rempah dalam pelayanan masyarakat. Ketiga arah riset tersebut dapat diilustrasikan pada gambar berikut

Arah Pengembangan PUIR

 

Program penelitian dan pengembangan untuk penyediaan bahan baku di antaranya adalah:

  • Riset sumber daya rempah potensial dan unggulan untuk pengembangan industri pangan, farmasi, kosmetik, dan biopestisida;
  • Riset pemanfaatan limbah rempah untuk pengembangan produk/prototipe.
  • Riset bioteknologi dan pemuliaan/pelsstarian plasmanutfah rempah.

Dari sisi agroteknologi dan pascapanen, program penelitian dan pengembangan PUI yang diusulkan di antaranya adalah:

  • Riset perbaikan aspek agroteknologi untuk peningkatan produktivitas dan mutu hasil rempah;
  • Riset bidang agroforestri untuk optimalisasi lahan dan pola budidaya.
  • Riset keamanaan produk olahan untuk bahan pangan, kosmetik, industri, dan biopestisida tanaman.
  • Riset sistem regulasi dan perlindungan produk.

Di antara kegiatan riset yang dapat dilaksanakan untuk mendukung program promosi dan integrasi produk dalam pelayanan masyarakat adalah:

  • Riset sistem pasar, perdagangan, dan ekonomi rempah.
  • Riset pengembangan produk sesuai kebutuhan pasar /perdagangan internasional.
  • Riset pengembangan produk-produk rempah bagi kebutuhan masyarakat dan industri rumah tangga.

Arah Riset untuk Pelayanan Masyarakat

 

Program Diseminasi/Publikasi Hasil

Selain tiga program pokok bidang litbang di atas, penguatan PUI REMPAH juga diberikan pada sisi diseminasi dan pubikasi hasil riset. Program yang akan dikembangkan antara lain:

  • Pemanfaatan secara optimal skim-skim pembiayaan penulisan artikel/jurnal hasil penelitian yang disediakan oleh Pemerintah dan pihak lainnya.
  • Pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk jurnal nasional terakreditas dan jurnal internasional bereputasi.
  • Mendorong para periset dalam keterlibatan pada kegiatan forum pertemuan ilmiah nasional/internasional sebagai pemakalah/pembicara.
  • Menerbitkan jurnal PUI REMPAH bagi hasil riset/pengkajian para peneliti, dan mengupayakan menjadi jurnal terakreditasi.

Program Kolaborasi dengan Orientasi Produk-produk Inovatif

Disini pada awalnya kami bekerjasama dengan PPNRI-LEMLIT, Universitas Pattimura yang secara singkat, tepat, jelas dan penting digambarkan pada alur penjelasan di gambar berikut:

Produk kolaborasi dengan PPNRI-LEMLIT

 

[IV]. HASIL YANG DIHARAPKAN

 4.1. Hasil Akhir (Output)

PUI sebagai lembaga litbang dikembangkan untuk menghasilkan luaran berupa produk iptek yang bernilai ekonomi.  PUI REMPAH selama menjalankan fungsi sebagai lembaga litbang diharapkan menghasilkan luaran atau output, yaitu:

  • Publikasi jurnal ilmiah nasional/internasional;
  • Aneka produk iptek rempah untuk agroindustri;
  • Desain peralatan pascapanen; dan
  • Dampak (Outcome)

Kehadiran lembaga PUI REMPAH beserta program dan output yang dihasilkan akan menjadi tenaga pendorong bagi pertumbuhan industri yang menggunakan bahan baku dan produk dari rempah.  Bagi pembangunan iptek, inovasi dalam bidang agroindustri rempah akan memperkuat sistem inovasi nasional (SiNas) dan sistem inovasi di daerah. Aneka produk agroindustri rempah dapat membuka pasar baru dalam dan luar negeri yang mendorong pertumbuhan sektor ekonomi.

Di samping produk, publikasi dan paten yang dihasilkan dari kegiatan iptek pada PUI REMPAH ini berpotensi menaikkan daya saing bangsa dalam iptek.

4.2. Sasaran Kegiatan

Program pengembangan PUI diarahkan pada suatu pencapaian yaitu penguatan kelembagaan riset dan peningkatan aktivitas litbang bagi para peneliti.  Adapun sasaran pengembangan PUI REMPAH adalah:

  • Memperkuat kelembagaan litbang rempah sehingga lebih berdaya dan mandiri;
  • Memperkuat kemampuan SDM dalam melaksanakan riset yang terkait dengan pengembangan iptek/poduk agroindustri rempah;
  • Meningkatkan kegiatan diseminasi dan publikasi hasil-hasil iptek rempah pada tingkat nasional dan internasional; dan
  • Mendorong terjadinya penguatan inovasi iptek di bidang rempah.

 

(Note:  more information will be coming soon!)